Sunday, June 14, 2009

Mencari lokasi atau tempat dengan menggunakan koordinat (coordinates)


Kalau ada teman cerita-cerita tentang Global Positioning System atau lebih dikenal dengan istilah GPS, maka mencari tempat, koordinat, adalah hal yang biasa dibicarakan. Memang akan lebih mudah kalau kita mencari satu tempat berdasarkan koordinat dan alamat daripada harus cerita jalan sana jalan sini, belok sana belok sini hanya untuk mencapai satu tempat saja, apalagi anda belum tahu sama sekali tentang daerah tersebut. Saya akan berbagi tipsnya disini.
wikimapia adalah situs yang sangat bermanfaat untuk mengantarkan anda kesemua tempat diseluruh dunia.
Masuk kesitusnya, lihat pojok kanan atas, akan anda temukan kolom dengan tombol "search". Klik tombol tsb, maka akan muncul tiga tab, all, city, coordinates. Pencarian dengan menggunakan alamat bisa ada lakukan begitu juga dengan koordinat. Klik tab all atau coordinates, ketik koordinat yg anda maksud, sebagai contoh, anda orang baru dan ingin bepergian sekedar untuk liburan akhir pekan, dan teman anda merekomendasikan satu tempat contoh Doha City Center dengan koordinat 25.32580N degrees, 51.53051E degrees (format decimal degrees).
maka isi pada kolom tsb dengan 25.32580N, 51.53051E lalu tekan tombol search dan "ta-da"...
Anda bisa perjelas posisi tsb dengan zoom in atau out, kalau anda punya koordinat dengan format lain, anda bisa gunakan tool ini, jadi traveling tanpa GPS, tak masalah....

Mengapa koordinat? karena simple, dibanding cerita bla...bla...bla. Lalu siapa yang mau ngasih kita alamat berupa koordinat...hehehe...kita akan bahas lagi!

0 comments:

Post a Comment